-->

Statistik Pengertian Data

Statistik Pengertian Data

Data adalah bentuk jamak dari datum. Data adalah keterangan-keterangan tentang suatu hal dapat berupa sesuatu yang diketahui atau yang dianggap jadi.
Sesuatu yang di ketahui biasanya di dapatkan dari hasil pengamatan atau percobaan dan hal itu berkaitan dengan waktu dan tempat.
Anggapan atau yang dianggap jadi merupakan suatu perkiraan atau dugaan yang sifatnya sementara, sehingga belum tentu benar.(oleh sebab itu anggapan / asumsi perlu di kaji kebenarannya).

Pengumpulan data dapat dibedakan atas beberapa jenis karakteristik, yaitu;
1.Berdasarkan jenis pengumpulannya;
2.Berdasarkan Banyak data yang di ambil.

1.Berdasarkan jenis Pengumpulannya terdapat Beberapa cara yaitu;
Pengamatan/ Observasi -> adalah cara pengumpulan data dengan terjun langsung dan melihat langsung ke lapangan, terhadap objek yang diteliti.
Penelusuran literatur ->  adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan sebagian/ seluruh data yang telah ada / sebuah laporan data dari penilitian sebelumnya.
Penggunaan kusioner(angket) -> adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan(angket) atau daftar isian terhadap objek yang diteliti.
Wawancara-> adalah cara pengumpulan data dengan langsung mengadakan tanya jawab kepada objek yang diteliti atau kepada perantara yang mengetahui persoalan yang sedang diteliti.

2.Berdasarkan Data yang diambil terdapat beberapa cara yaitu;
Sensus-> adalah cara pengumpulan data dengan cara mengambil elemen/ anggota populasi secara keseluruhan untuk di selidiki.
Data yang diperoleh dari hasil sensus disebut parameter atau data yang sebenarnya(true value).
Sampling->  adalah cara pengumpulan data dengan mengambil sebagian dari elemen atau anggota populasi yang di selidiki. Data yang diperoleh dari sampling di sebut statistic(tanpa s) atau data perkiraan (estimate value).
LihatTutupKomentar